Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling
Vol 2, No 2 (2015): JURNAL KOPASTA (NOVEMBER 2015)

Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPS di MAN Batam

Ristantia, Ristantia (Unknown)
Rofiqah, Tamama (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2016

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan pada kelas XI IPS 1 MAN Batam, tingkat kepercayaan diri siswa dalam kategori rendah, adanya gejala seperti; ragu-ragu saat berbicara di depan kelas dalam mengungkapkan pendapat, dan juga saat belajar siswa tidak berani bertanya kepada guru jika tidak tahu atau mengerti apa yang disampaikan oleh Guru pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keeefektifan layanan Bimbingan Kelompok (Bkp) ditinjau dari kepercayaan diri siswa kelas XI IPS MAN Batam.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan pretest dan posttest. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengggunakan angket. Analisa data dilakukan dengan teknik wilcoxon signed ranks test.Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian dengan nilai signifikan 0.0010.05. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.Kata kunci: Kepercayaan Diri Siswa, Layanan Bimbingan Kelompok.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kopastajournal

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science

Description

Jurnal KOPASTA publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling which includes, but is not limited to : Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling ...