Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 3, No 2 (2016): TERAMPIL

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN IMPLIKASINYA PADA PEMAHAMAN BELAJAR SAINS DI SD/MI (Studi PTK di Kelas III MIN 3 WatesLiwa Lampung Barat)

Fiteriani, Ida (Unknown)
Suarni, Suarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2017

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)merupakan model yang sangat efektif dalam rangka meningkatkan pemahamansiswadalambelajar IPA di SD/MI. Dengantipebelajarkooperatifini, siswadidoronguntukaktifbelajarmelaluikelompok-kelompokkecil. Siswa salingmembantudanmerasabertanggungjawabterhadapkeberhasilantemannyabahkankesuksesankelompokditentukandarikeseluruhananggotakelompokmampumenguasaimateri yang dipelajari.Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan jenis penelitian tindakan kolaboratif. Model tindakanmenggunakanTeoriKemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi sekaligusevaluasi  tindakan. Subjekpenelitianadalahsiswadi kelasIII yang berjumlah 29 orangpada tahun pelajaran2015/2016dan waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil. Teknik pengumpulan datadengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitiansebelumdigunakandilakukanujivaliditas (validity) danreliabilitas (reliability) denganbantuansoftware statistik SPSS for windows. Data yang terkumpul, kemudian diolah, disajikan, diinterpretasikan, dan disimpulkan menggunakan pendekatan kualitatifdankuantitatif. Kriteria pemahaman siswa, dilihatdariketuntasanbelajar yang dicapai, yaknimemenuhi KKM ≥70 sebanyak 80%. Hasil penelitian: (1) Pada siklus Isebanyak 18 orang siswa (62,06%) mampumencapaiketuntasanbelajardan 11 orang siswa (37,93%) masihbelummampu. (2) Padasiklus II sebanyak 24 orang siswa (82,75%)mampumencapaiketuntasanbelajardan 5 orang siswa (17,24%) masihbelummampu. Melihatketercapaianpadasiklus II ini yang telahmemenuhi target nilai (KKM) ≥70sebanyak 80 %, makapenelitiantindakandianggapberhasil.Kesimpulanpenelitianiniadalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)mampu meningkatkan pemahamansiswadalambelajar IPA di kelas III MIN 2 Lampung Baratpadapokokbahasan “Ciri-ciriMakhlukHidup (hewan).” 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...