Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 3, No 1 (2016): TERAMPIL

EXPERT TEACHER (Membedah syarat-syarat untuk menjadi Guru Ahli atau Expert Teacher)

ALAMSYAH, YOSEP ASPAT (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2017

Abstract

Di dalam aktivitas pendidikan, guru dan murid  sama-sama memiliki posisi yang  strategis. Guru dengan murid dalam proses pendidikan memiliki sifat saling ketergantungan. Guru memerlukan dukungan murid-muridnya dalam mewujudkan visi-misinya.  Murid membutuhkan bantuan guru untuk meraih cirta-citanya. Sukses tidaknya suatu pendidikan tidak akan terlepas dari peran serta guru didalamnya. Ada hubungan yang signifikan antara mutu atau kualitas guru dengan keberhasilan atau  kegagalan pendidikan. Bila  mutu guru baik maka pendidikan akan berhasil baik. Begitu juga sebaliknya. Mutu yang dituntut dari seorang guru itu tidak hanya dalam aspek pedagogik atau profesional saja. Mutu dalam aspek sosial dan kepribadianpun diperlukan. Seorang guru iti bermutu atau tidak, ahli atau tidak bisa dilihat dari dimensi kompetensi yang dimilikinya.  Ada empat macam kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Ada juga yang berpendapat bahwa seorang guru itu ahli atau bukan bisa dilihat dari sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang guru ahli atau profesional (expert teacher). Sifat-sifat apa saja yang harus ada pada seorang guru bila ia ingin disebut guru ahli atau profesional? Topik ini memiliki  keterkaitan erat dengan kompetensi seorang guru. Dengan kajian kepustakaan, topik ini  akan dicoba untuk dibahas melalui analisis reflektif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...