Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 3, No 2 (2016): TERAMPIL

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN IMPLIKASINYA PADA PEMAHAMAN BELAJAR SAINS DI SD/MI (Studi PTK di Kelas III MIN 3 WatesLiwa Lampung Barat)

FITERIANI, IDA (Unknown)
SUARNI, SUARNI (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2017

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)merupakan model yang sangat efektif dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar IPA di SD/MI. Dengan tipe belajarkooperatif ini, siswa didorong untuk aktif belajar melalui kelompok-kelompok kecil. Siswa saling membantu dan merasa bertanggung jawab terhadap keberhasilan temannya bahkan kesuksesan kelompok ditentukan dari keseluruhan anggota kelompok mampu menguasai materi yang dipelajari. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan jenis penelitian tindakan kolaboratif. Model tindakan menggunakan Teori Kemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi sekaligus evaluasi  tindakan. Subjek penelitian adalah siswa di kelas III yang berjumlah 29 orang pada tahun pelajaran 2015/2016 dan waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian sebelum digunakan dilakukan uji validitas (validity) dan reliabilitas (reliability) dengan bantuan software statistik SPSS for windows. Data yang terkumpul, kemudian diolah, disajikan, diinterpretasikan, dan disimpulkan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Kriteria pemahaman siswa, dilihat dari ketuntasan belajar yang dicapai, yakni memenuhi KKM ≥70 sebanyak 80%. Hasil penelitian: (1) Pada siklus Isebanyak 18 orang siswa (62,06%) mampu mencapai ketuntasan belajar dan 11 orang siswa (37,93%) masih belum mampu. (2) Pada siklus II sebanyak 24 orang siswa (82,75%) mampu mencapai ketuntasan belajar dan 5 orang siswa (17,24%) masih belum mampu. Melihat ketercapaian pada siklus II ini yang telah memenuhi target nilai (KKM) ≥70 sebanyak 80 %, maka penelitian tindakan dianggap berhasil. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar IPA di kelas III MIN 2 Lampung Barat pada pokok bahasan “Ciri-ciri Makhluk Hidup (hewan).”

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...