Jurnal Sains Psikologi
Vol 3, No 1 (2014)

METODE JOLLY PHONICS SEBAGAI ALTERNATIF STIMULASI KESIAPAN MEMBACA ANAK USIA DINI

Ike Dwiastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode Jolly Phonics  untuk menstimulasi kemampuan kesiapan membaca anak usia dini. Subjek berjumlah 28 siswa yang duduk di bangku Taman Kanak-kanak. Evaluasi berupa pretest dan posttest mengenal huruf, dengan indikator kemampuan mengidentifikasi huruf dan kemampuan menyebutkan bunyi huruf. Perbedaan skor dianalisis menggunakan teknik statistik paired sample t test. Hasil penelitian disimpulkan metode Jolly Phonics efektif untuk menstimulasikesiapan membaca anak usia dini. Kata-kata kunci: kesiapan membaca, metode jolly phonics, anak usia dini.

Copyrights © 2014