AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM
Vol 6, No 2 (2016): AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM

KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENDIDIKAN

JUNAIDAH, JUNAIDAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Kepemimpinan (Leadership) merupakan salah satu persoalan yang sangat penting bagi terlaksananya fungsi-fungsi manajemen. Permasalahan pemimpin dalam Islam sangat penting untuk dibahas dan selalu menjadi persoalan yang menarik pada setiap zaman. Dalam perspektif Islam, pemimpin merupakan hal cukup fundamental dalam tatanan sosial. Ia menempati posisi tertinggi dalam bangunan masyarakat. Ibarat kepala dari seluruh tubuh, peranannya sangat menentukan perjalanan dalam mewujudkan kemaslahatan umat. Tak hanya kemaslahatan dunia, seorang pemimpin juga memiliki tanggung jawab besar untuk mengatur serta mengawasi tegaknya syari’at Allah. Pemimpin Pendidikan menempati posisi yang sama pentingnya dengan pemimpin negara maupun agama. Kepemimpinan itu esensinya adalah pertanggungjawaban. Pengertian umum pemimpin pendidikan adalah kemampuan dan kesiapan yang dimiliki oleh seseorang untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, menggerahkan, dan kalau perlu memaksa orang atau kelompok agar menerima pengaruh tersebut dan selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu tercapainya suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini ingin mendeskripsikan kepemimpinan dalam pendidikan yang sesuai dengan tuntutan era desentralisasi pendidikan.Adapun jenis penelitian yakni penelitian pustaka, pendekatan penelitian adalah kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kepemimpinan yang sesuai dengan tuntutan desentralisasi dan otonomi pendidikan adalah model kepemimpinan transformasional, karena merupakan salah satu solusi krisis kepemimpinan terutama dalam bidang pendidikan. Kata kunci: kepemimpinan, transformasional, pendidikan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

idaroh

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, registered in p-ISSN: 2086-6186 and e-ISSN: 2580-2453, is a peer-reviewed journal of original research and writing on Islamic education management and education management in general. The biannual journal, regularly issued in June and December, aims to provide a ...