Mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh antara servicescape terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Batanghari. Mengidentifikasi dan menganalisis dimensi servicescape yang dominan mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Populasi adalah gabungan seluruh elemen yang memiliki serangkaian karakteristik serupa yang mencakup semesta untuk kepentingan masalah riset pemasaran (Maholtra, 2005). Parameter populasi biasanya adalah angka. Informasi mengenai parameter populasi bisa diperoleh dengan mengambil sensus atau sampel. Yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah para mahasiswa Universitas Batanghari di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Jumlah mahasiswa Universitas Batanghari pada tahun 2012 sebanyak 5.296 orang. Berdasarkan analisis terbukti bahwa ambient factor, faktor desain dan faktor sosial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Batanghari. Berdasarkan hasil pengujian terbukti bahwa secara parsial variabel ambient factor dan faktor sosial yang dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Batanghari, sementara variabel faktor desain tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Batanghari. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan bahwa variabel ambient factor dan faktor sosial yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Batanghari, dalam penelitian ini variabel independen yang berpengaruh dominan terhadap variabel dependen adalah ambient factor.Keywords: Analysis, Servicescape, Students’ Satisfaction.
Copyrights © 2013