Bianglala Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika Yogyakarta
Vol 4, No 2 (2016): Bianglala Informatika 2016

Penerapan Metode Profile Matching Dalam Penilaian Kinerja Guru Untuk Kompetensi Pedagogik

Ari Ari Suhartanto (Unknown)
Kusrini . (Unknown)
Henderi - STMIK AMIKOM Yogyakarta (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2016

Abstract

Abstract - By applying the method for assessing Competency Profile Matching Pedagogic as outstanding teacher performance appraisal process for the scope of the Department of Education and Culture District. Madiun can improve the objectivity and accuracy of data. The data collected is the data history teacher performance assessment in the form of documents and statements as well as supporting data such as documents the rules and governance performance appraisal process outstanding teachers. Based on the test system accuracy rate obtained value judgments have an average yield of 97.64% which is calculated on an average compared with the end result pedagogical manually. Difference in average rate of 2.36% smaller due to the decision-making mechanism profile matching method assumes that there is an ideal level of predictor variables that must be met by the subjects. Assessment using the Profile Matching had levels greater objectivity as to measure the value of each indicator variable ratings downgraded again by the sub-indicators and weighted by using valuation parameters and calculated using the decision-making mechanism to assume that there are levels of the predictor variables that ideal that must be met by subject. Unlike the manual assessment process that only include the value of the fulfillment level of each indicator by writing the numbers and calculated only to add them up.Keywords: Profile Matching, Teacher Performance Assessment, Pedagogic Competence. Abstrak – Dengan menerapkan metode Profile Matching untuk penilaian Kompetensi Pedagogik sebagai  proses penilaian kinerja Guru berprestasi untuk lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Madiun dapat meningkatkan obyektifitas dan akurasi data. Data-data yang dikumpulkan merupakan data riwayat penilaian kinerja Guru berupa dokumen dan pernyataan serta data pendukung berupa dokumen aturan-aturan dan tata laksana proses penilaian kinerja guru berprestasi. Berdasarkan pengujian sistem didapatkan tingkat akurasi penilaian memiliki nilai hasil rata-rata sebesar 97,64 % yang dihitung dari membandingkan dengan rata-rata hasil akhir penilaian kompetensi pedagogik secara manual. Selisih angka rata-rata 2,36% lebih kecil karena mekanisme pengambilan keputusan dengan metode profile matching mengasumsikan bahwa terdapat tingkat variabel prediktor yang ideal yang harus dipenuhi oleh subyek. Penilaian menggunakan Profile Matching memiliki tingkat obyektifitas yang lebih baik karena untuk mengukur nilai setiap indikator variabel penilaian diturunkan lagi dengan sub-indikator dan dibobotkan dengan menggunakan parameter penilaian serta dihitung dengan menggunakan mekanisme pengambilan keputusan dengan mengasumsikan bahwa terdapat tingkat variabel prediktor yang ideal yang harus dipenuhi oleh subyek. Berbeda dengan proses penilaian manual yang hanya memasukkan nilai tingkat keterpenuhan dari setiap indikator dengan menuliskan angka dan dihitung hanya dengan menjumlahkannya.Kata kunci: Profile Matching, Penilaian Kinerja Guru, Kompetensi Pedagogik. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Bianglala

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JURNAL BIANGLALA INFORMATIKA telah memiliki ISSN baik versi cetak maupun online. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, dan Sistem Penunjang ...