Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan
Vol 3, No 1 (2003)

Active Learning sebagai Inovasi Pendidikan Mahasiswa

Kusumawati, Wiwik ( Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 May 2016

Abstract

Waktu terus beijalan demikian pula proses pendidikan terus berkembang sesuai kemajuan zaman, sehingga metode pembelajaran yang menempatkan mahasiswa ialam posisi pasif atau teacher centered sudah tidak sesuai lagi untuk menghadapi 3ntangan ke depan yang lebih berat bagi calon-calon dokter. Metode pembelajaran tradisionil yang selama ini banyak digunakan dalam proses pendidikan dokter di Indonesia mungkin perlu diinovasi dalam beberapa hal agar dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman. Inovasi dalam pendidikan tidak hanya dalam hal metode saja tapi juga dalam banyak hal. Inovasi tidak harus dengan merubah secara total kurikulum pendidikannya ataupun metode pembelajarannya tetapi bisa dilakukan secara bertahap atau parsial disesuaikan dengan kemampuan institusi baik dalam hal sarana, biaya, SDM, dll.

Copyrights © 2003






Journal Info

Abbrev

mm

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Mutiara Medika Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (MMJKK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta is a peer-reviewed and open access journal that focuses on promoting medical sciences generated from basic sciences, clinical, and community or public health research to integrate researches in ...