JKP (Jurnal Konseling dan Psikoedukasi)
Volume 2, Number 1, June 2017

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 5 PALU

Djahara, Nur Halifah (Unknown)
Munir, Abd (Unknown)
Puswiartika, Dhevy (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar, dan bagaimana disiplin belajar siswa serta apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi motivasi belajar dan mendeskripsikan disiplin belajar siswa, serta menjelaskan hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 59 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi dan disiplin belajar siswa. Data yang terkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial, Untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment pada taraf signifikan 95%. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa 34% siswa memiliki motivasi belajar tinggi, 58% siswa memiliki motivasi belajar rendah, dan 8%  siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah. Sedangkan disiplin belajar siswa menunjukan 4% siswa mempunyai disiplin belajar sangat tinggi, 52% siswa mempunyai disiplin belajar tinggi, dan 44% siswa mempunyai disiplin belajar rendah. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Konseling dan Psikoedukasi dengan e-ISSN: 2502-4000 merupakan jurnal elektronik dan media komunikasi ilmiah yang berisi ringkasan hasil-hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling serta kajian psikologi dalam terapan ilmu pendidikan yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu ...