Jurnal EduBio Tropika
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal EduBio Tropika

KARAKTERISTIK HABITAT GAJAH SUMATERA (Elephas maximus sumatranus Temminck) PADA HABITAT TERGANGGU DI EKOSISTEM HUTAN SEULAWAH

Abdullah Abdullah (Universitas Syiah Kuala)
Tomi Japisa (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2015

Abstract

Ekosistem Seulawah merupakan salah satu habitat Gajah Sumatera yang mengalami gangguan dan kerberadaannya memiliki perbedaan dalam pemilihan habitatnya. Tujuan penelitian mendeskripsikan preferensi habitat Gajah Sumatera dan faktor habitat secara fisik dan biologis  di kawasan ekosistem Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan data telah  dilaksanakan pada Desember 2010. Parameter yang digunakan adalah jumlah kotoran yang terdapat dalam habitat yang digunakan oleh Gajah Sumatera di kawasan ekosisten Seulawah. Data diambil pada lintasan (track) yang terdapat di kawasan ekosistem Seulawah. Sampel yang digunakan adalah track dengan ukuran 100x3m yang terbagi dalam 8 plot pengamatan dengan jarak antar plot 500m. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gajah Sumatera memilih unit habitat  dengan kriteria (a) kemiringan yang landai (0-20o); (b) dekat dengan sumber air (0-250m); (c) dekat dengan hutan primer (0-500m); (d) ketersediaan pohon mineral yang jarang ( 3 pohon/plot); (e) ketinggian lahan yang rendah (0-400m); (f) ketersediaan pakan yang banyak (75%); (g) penutupan tajuk yang sangat jarang (0-25%); (h) ketersediaan pohon gosok badan yang jarang ( 3 pohon); dan (i) tipe Hutan Sekunder. Selanjutnya hasil ini memberikan informasi tentang faktor-faktor yang menentukan pemilihan habitat oleh Gajah Sumatera sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pengelolaan habitat Gajah Sumatera yang sesuai. Kondisi ini diperkirakan dapat mengurangi konflik gajah dengan kawasan sekitarnya

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Description

Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation. ...