Jurnal EduBio Tropika
Vol 3, No 2 (2015): Jurnal EduBio Tropika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN

Masitah Masitah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman Mata Kuliah Anatomi Manusia. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNMUL Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang, yang terdiri atas dua kelas reguler A dan reguler B. Analisis data dari hasil penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis uji t. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa uji hipotesis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah Anatomi Manusia dengan t hitung sebesar 35,234 angka ini lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 2,04. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajarn kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman Samarinda.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JET

Publisher

Subject

Description

Journal EduBio Tropical published twice a year in April and October, containing text that was lifted from the results of research in the field of education of biology and biological sciences. Article review (review article) loaded on the invitation. ...