SEMIRATA 2015
Prosiding Bidang Biologi

ANALISIS TINGKAT PENGETAHUAN LULUSAN PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA PADA KONSEP/MATERI BIOLOGI

., Reni Marlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2016

Abstract

Salah satu kriteria keberhasilan pembelajaran adalah kualifikasi guru dengan latar belakang pendidikan yang sesuai. Latar belakang pendidikan yang sesuai akan meningkatkan kepercayaan diri seorang guru untuk mengajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan guru biologi dalam menguasai konsep/materi biologi khususnya alumni atau lulusan program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Tanjungpura.  Manfaat dari penelitian ini adalah untuk perbaikan proses belajar mengajar di program studi. Berdasarkan data dari penelitian ini, maka dapat diketahui apa saja mata kuliah yang memerlukan penekanan dalam pengajarannya atau memerlukan pembelajaran yang lebih mendalam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru yang telah mengajar di SMP negeri di kalimantan barat. Sampel dalam penelitian ini adalah 20% dari total SMP yang diperoleh secara acak. Data diperoleh menggunakan angket dengan 37 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi biologi yang masuk dalam kategori tahu sebagian besar dengan persentase paling tinggi (83%) adalah  tingkat keanekaragaman gen, jenis dan ekosistem. Materi yang termasuk dalam kategori tahu sebagian kecil adalah fungsi enzim dalam proses metabolisme dengan rata-rata persentase hanya 17%. Kata kunci: tingkat pengetahuan guru, materi biologi.

Copyrights © 2015