SEMIRATA 2015
Prosiding Bidang Kimia

PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

Ellizar, Ellizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2016

Abstract

Berdasarkan penelitian terdahulu, pemahaman siswa dalam pembelajaran konsep kimia masih kurang optimal. Selanjutnya, sebuah penelitian lanjutan Research& Development (R&D) dalam bentuk pengembangan paket pembelajaran dengan pendekatan Konstruktivisme untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah dilakukan. Model ini dikembangkan melalui penelitian lanjutan mengikuti langkah ADDIE (Branch, 2009)  dimulai dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Tahap Analysis dilakukandenganmengidentifikasi proses pembelajaran Kimia SMP. Pada tahap design dikembangkan modul untuk pembelajaran kimia di SMP dan model pembelajaran menggunakan modul. Model ini dikembangkan dengan mengkombinasikan Constructivist Learning Cycle oleh Johnston (2001) dan pembelajaran dengan modul. Sintak pembelajaran model yang dikembangkan adalah apersepsi, mengerjakan Lembaran Kegiatan, analisis miskonsepsi, menjelaskan miskonsepsi, mengerjakan Lembaran kerja, melakukan Uji Diri dan Tes formatif. Pada tahap develop dilakukan uji coba modul dengan model pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan masukan dilakukan revisi. Tahap implementasi dilaksanakan untuk dua materi, yaitu kelas VII pada materi asam, basa dan garam dan kelas VIII untuk materi zat adiktif dan psikotropika. Pada tahap evaluasi hasil tahap implementasi menunjukkan bahwa hasil t-hitung > t tabel untuk ke dua materi yang dieksperimenkan. Dari temuan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konstruktivisme dengan menggunakan modul lebih efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : Kimia; model pembelajaran, modul; constructivism.

Copyrights © 2015