Dinamika Informatika
Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Dinamika Informatika Volume 7 Nomor 1

PENGGUNAAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MEMPELAJARI ILMU TAJWID

Febrianto, Arip ( Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2018

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, anak cenderung  lebih  jenuh dan minat belajar membaca Al -Qur’an menjadi berkurang dikarenakan para pengajar menggunakan metode  ceramah,  metode  tanya  jawab, metode  diskusi,  metode  pemberian  tugas, dan  metode  Iq’ra dalam mempelajari ilmu tajwid. Metode penelitian yaitu library research. Penilitian ini berisikan cara mempelajari ilmu tajwid dengan pemanfaatan perangkat ajar interaktif  menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Tujuan penelitian ini untuk mempelajari tentang huruf-huruf hijayah serta hukum bacaan tajwid dengan menggunakan metode Augmented Reality, serta memvisualisasikan citra pada marker secara realtime (langsung) untuk memberikan penjelasan kepada para pengguna aplikasi ini. Aplikasi ini dimanfaatkan agar pengguna dapat memahami bagaimana cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Teknologi AR ini menggabungkan unsur Audio, Gambar, dan Video Animasi yang bertujuan agar menambah minat anak untuk belajar membaca Al -Qur’an sekaligus menambah  wawasan  tentang  Multimedia. AR  merupakan kemajuan  dari sebuah metoda  teknologi yang menjanjikan dan bisa  memotivasi pengguna untuk terlibat dalam sistem pembelajaran yang  lebih aktif.   Kata kunci : Augmented Reality, pembelajaran interaktif, ilmu tajwid

Copyrights © 2018