Pada era globalisasi saat ini, anak cenderung lebih jenuh dan minat belajar membaca Al -Qurâan menjadi berkurang dikarenakan para pengajar menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode pemberian tugas, dan metode Iqâra dalam mempelajari ilmu tajwid. Metode penelitian yaitu library research. Penilitian ini berisikan cara mempelajari ilmu tajwid dengan pemanfaatan perangkat ajar interaktif menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Tujuan penelitian ini untuk mempelajari tentang huruf-huruf hijayah serta hukum bacaan tajwid dengan menggunakan metode Augmented Reality, serta memvisualisasikan citra pada marker secara realtime (langsung) untuk memberikan penjelasan kepada para pengguna aplikasi ini. Aplikasi ini dimanfaatkan agar pengguna dapat memahami bagaimana cara membaca Al-Qurâan yang baik dan benar. Teknologi AR ini menggabungkan unsur Audio, Gambar, dan Video Animasi yang bertujuan agar menambah minat anak untuk belajar membaca Al -Qurâan sekaligus menambah wawasan tentang Multimedia. AR merupakan kemajuan dari sebuah metoda teknologi yang menjanjikan dan bisa memotivasi pengguna untuk terlibat dalam sistem pembelajaran yang lebih aktif.  Kata kunci : Augmented Reality, pembelajaran interaktif, ilmu tajwid
Copyrights © 2018