PIPS
Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Sosialita

PENGARUH PROFESIONALITAS GURU, KREATIVITAS BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH AL HIKMAH 2 BENDA SIRAMPOG BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013

Septian Aji Permana, Septian Aji Permana and (PIPS S2)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2016

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh profesionalitas guru, kreativitas belajar, dan minat belajar baik sendiri maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS peserta didik di Madrasah Aliyah Al Hikmah 2 Benda, Sirampog, Brebes.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik Madrasah Aliyah Al Hikmah 2yang berjumlah 719. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionale stratified random samplingkarena memiliki unsur yang tidak homogensehinggadiperoleh250 orang. Pengumpulan data dengan kuesioner dan analisis data dengan uji regresi sederhana (uji t) dan uji regresi berganda (uji F).Hasil analisis regresi parsial dengan taraf signifikansi 5% menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan profesionalitas guru terhadap prestasi belajar IPS ditunjukan dengan nilai t sebesar 2,047 dengan p=0,042. Kreativitas belajar juga memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS dengan nilai t sebesar 2,088 dan p=0,038. Demikian juga minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS, dengan nilait sebesar 2,069, p=0,040. Hasil uji regresi ganda menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara profesionalitas guru, kreativitas belajar, dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS dengan nilai F sebesar 5,011 dengan p=0,002, dan besarnya R2=0,58. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama tiga variabel bebas terhadap prestasi belajar IPS di Madrasah Aliyah Al Hikmah 2 Benda, Sirampog, Brebes, Tahun Ajaran 2012/2013. Sumbangan tiga variabel bebas terhadap variabel terikat 58%, sedangkan sisanya 42% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.   Kata Kunci: profesional guru, kreativitas belajar, minat belajar, dan prestasi belajar This research was conducted to find out the influence of teacher’s profesionalism, learning creativity, and learning interest both individually or togetherness toward IPS learning achievement of students in Madrasah Aliyah Al Hikmah 2 Benda, Sirampog, Brebes.Thisresearch is a quantitative descriptive study. The population used in this research are students of Madrasah Al Hikmah 2. The total of whole population were 719. Proportionale stratified random sampling used in this research due to it had no homogeneous element. The researcher took 250 samples from the whole populations. The collecting data in this research are done by quantionnare and data analysis by simple regression test (test t) and multiple regression test (test f).The result of partial regression analysis, with significance level of 5% show that there is a positive and significant influence of teacher’s profesionalism toward students’ learning acvievement inIPS with t value of 2.047 and p=0.042. Learning creativity give influence on the learning perfomance significantly and positively with t value =2.088 and P=0.038. Learning interest give positive and significant influence toward IPS learning achievement with t=2.069 and p=0.40. The result of double regressions experiment show a positive and significant influence among teacher’s profesionalism, learning creativitly, and learning interest toward students’ learning achievementn in IPS with F value of 5.011, p=0.002, and R2=0.58. It can be concluded that there are positive and significant influences of three independent variables toward IPS learning achievement in Madrasah Aliyah Al Hikmah 2 Benda, Sirampog Brebes Academic Year 2012/2013 either partially or simultaneously. The contribution of three independent variables toward dependent variable about 58%, and the remain of 42% influenced by other variables which weren’t observed in this research. Keywords: teacher’s profesionalism, learning creativity, learning interest, and learning achievement.  

Copyrights © 2014