Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Bioterdidik

PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA SDN 1 RAJABASA JAYA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Evi Yunita (Unknown)
Tri Jalmo (Unknown)
Berti Yolida (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2017

Abstract

The research purpose was to describes of cooperative ability and cooperative pattern of students on IV and V grade in Elementary School 1 Rajabasa Jaya Bandar Lampung. This research used simple descriptive design. The samples were all students on IV and V grade which were 50 students that was selected using saturated sampling technique. Qualitative data were cooperative ability and cooperative pattern students that were obtained from observation sheets, students and teacher questionnaire, and teachers interview, this data was then analyzed descriptively. The result showed that overall cooperative ability of students in science learning was high criteria with percentage 61%. The aspects of on the task was the highest that was 68 %. Cooperative pattern there are two cooperative patterns formed, cooperative suplementer and cooperative different. The most dominant cooperative pattern was cooperative suplementer.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa kelas IV dan V SD Negeri 1 Rajabasa Jaya Bandar Lampung. Desain penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV dan V berjumlah 50 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Data kualitatif berupa kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa yang diperoleh dari lembar observasi, kuesioner siswa dan guru, serta wawancara guru, data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA berkriteria tinggi dengan persentase 61%. Aspek berada dalam tugas merupakan aspek dengan persentase tertinggi, yaitu 68%. Terdapat dua pola kerjasama yang terbentuk yaitu pola kerjasama suplementer dan pola kerjasama berbeda. Pola kerjasama paling dominan adalah kerjasama suplementer.Kata kunci: kemampuan kerjasama, pembelajaran IPA, pola kerjasama

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...