Medika Tadulako
Vol 3, No 2 (2016)

PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN UNIT RAWAT INAP RS ANUTA PURA PALU (DENGAN PENDEKATAN BAURAN PEMASARAN/MARKETING MIX)

Wandira, Bertin Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2017

Abstract

Persaingan di semua sektor usaha dewasa ini semakin semarak. Demikian pula pada industri jasa kesehatan, apakah itu Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Kesehatan, serta usaha privat lainnya dibidang kesehatan yang berusaha meningkatkan mutu layanannya agar bisa berkompetisi. Faktanya, masih banyak Rumah Sakit (khususnya RS pemerintah) yang belum mampu memberikan pelayanan yang benar-benar diharapkan pengguna jasa. Mutu layanan masih rendah dan belum benar-benar berorientasi kepentingan pelanggan (pasar). Konsumen (pasien) masih menjadi pihak yang lebih membutuhkan layanan kesehatan, disisi lain Rumah Sakit (khususnya staf medis dan tenaga kesehatan lainnya) masih menjadi pihak yang “memberikan bantuan”. Olehnya itu, mutu layanan yang baik serta kepuasan pelanggan hanya bisa tercapai ketika ada kerjasama yang baik antar seluruh petugas kesehatan yang ada dalam rumah sakit tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan di unit rawat inap RS Anuta Pura Palu dengan pendekatan bauran  pemasaran (marketing mix), meliputi : unsur Product (produk), Price (harga), place (tempat), promotion (promosi), dan people (orang/SDM). Jenis penelitian yang digunakan adalah  penelitian deskriptiv untuk mengetahui persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan di unit rawat inap RS Anuta Pura Palu dengan pendekatan bauran pemasaran (marketing mix). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebanyak 95 orang (97,9%) responden berpendapat bahwa produknya memuaskan; (2) sebanyak 91 orang (93,8%) responden berpendapat bahwa harganya terjangkau; (3)  sebanyak 95 orang (97,9%) responden berpendapat place (tempat) nya tepat (4) sebanyak 50 orang (51,5%) responden berpendapat promotion (promosi) sudah cukup; (5) sebanyak 85 orang (87,6%) responden berpendapat people (orang/SDM)  bahwa orang (SDM) di RS Anuta Pura sudah baik. Kata Kunci : mutu layananan, bauran pemasaran

Copyrights © 2016