Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8

PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI KURIKULUM 2013 (Studi Literatur)

Murjainah, Murjainah (Unknown)
Selegi, Susanti Faipri (Unknown)
Putri, Mega Kusuma (Unknown)
Mujib, M.Asyroful (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2016

Abstract

ABSTRAKPemanfaatan TIK di bidang pendidikan sedikit banyak telah digunakan dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan Perguruan Tinggi untuk pendataan tenaga pendidik, tenaga pengajar (guru dan juga dosen). Selain itu, pendataan sertifikasi guru dan dosen serta Uji Kompetensi Guru (UKG). Dalam kurikulum 2013, pemanfaatan TIK sangat berkontribusi dalam pembelajaran, di mana guru saat ini tidak lagi sebagai pusat sumber belajar dan penyampai informasi utama, tetapi lebih dari itu yakni mampu berperan sebagai fasilitator, pendamping, pembimbing, dan sekaligus sebagai partner dalam mengembangkan skill dan pengetahuan. Pembelajaran Geografi di tingkat SMP merupakan pembelajaran yang teritegrasi/terpadu dengan Sosiologi, Ekonomi, dan Sejarah yang disebut mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). IPS termasuk kelompok mata pelajaran A yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Sementara Geografi untuk jenjang SMA/MA ditetapkan menjadi bagian dari Kelompok Mata pelajaran Peminatan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan minatnya dalam sekelompok mata pelajaran sesuai dengan minat keilmuannya di perguruan tinggi, dan mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau ketrampilan tertentu. Bentuk-bentuk pemanfaatan model-model berbasis komputer dalam pembelajaran dapat berupa drill, tutorial, simulation dan games; pembelajaran berbasis computer; blended E-learning ; pembelajaran berbasis web ; perpustakaan online. Manfaat TIK dapat dirasakan dalam pembelajaran bagi pendidik bergantung pada keberhasilan dari pendidik dalam melaksanakan dan menggunakan TIK dalam pembelajaran di kelas dan adanya keyakinan bagi guru bahwa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran memberikan dampak yang signifikan dalam proses pembelajaran di kelas.Kata Kunci : Teknologi Informasi dan Komunikasi, Geografi, Kurikulum 2013

Copyrights © 0000