Jurnal Kimia dan Kemasan
Vol. 39 No. 2 Oktober 2017

Konversi Sitronelal Menjadi Senyawa Isopulegol dengan Katalis ZnBr2/β-Zeolit

Nisyak, Khoirun ( STIKES Rumah Sakit Anwar Medika)
Iftitah, Elvina Dhiaul ( Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya Jalan Veteran, Ketawanggede, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur)
Tjahjanto, Rachmat Triandi ( Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya Jalan Veteran, Ketawanggede, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Pada penelitian ini telah dilakukan konversi sitronelal menjadi senyawa isopulegol melalui mekanisme reaksi siklisasi dengan katalis ZnBr2/β-Zeolit. Sitronelal diisolasi dari minyak sereh wangi dengan metode distilasi fraksional. Katalis ZnBr2/β-Zeolit dibuat dengan metode impregnasi pada temperatur 400 ºC di bawah aliran gas nitrogen selama 4 jam. Reaksi konversi sitronelal dilakukan dengan metode one-pot synthesis dengan aliran gas nitrogen pada temperatur 120 ºC. Karakterisasi katalis ZnBr2/β-Zeolit dilakukan dengan analisa X ray- Diffraction (XRD) dan Scanning Electron Microscopy- Energy Dispersive X-ray (SEM-EDX). Karakterisasi produk reaksi dilakukan kromatografi gas (GC) dan Gas Chromatography-Mass Spectroscopy (GC-MS). Berdasarkan hasil penelitian, katalis ZnBr2/β-Zeolit memberikan aktivitas lebih baik dibandingkan β-Zeolit, dimana nilai konversi sitronelal menjadi isopulegol sebesar 100% dengan selektivitas terhadap senyawa isopulegol sebesar 75,28% pada temperatur 120 0C dan waktu reaksi 60 menit.

Copyrights © 2017