Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1: Januari 2014

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan IPA Terhadap Hasil Belajar Matematika

Utu Rahim (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
& Sitti Faranita (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan analisis varian dengan desain  2x2 faktorial ‍dengan tujuan menganalisis: (1) pengaruh positif rerata hasil belajar matematika terhadap kemampuan IPA, (2) pengaruh faktor interaksi model pembelajaran kooperatif dan kemampuan IPA terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis regresi menunjukkan rerata hasil belajar matematika mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan IPA dengan kontribusi sebesar 0,167 satuan. Hasil analisis inferensial berdasarkan statistik Uji-F menunjukkan bahwa keempat model faktor interaksi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.Kata kunci: Pembelajaran Jigsaw,  Student Team Achivement Divisions (STAD), Kemampuan IPA, hasil belajar matematika.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...