Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran danmeningkatkan kualitas hasil menulis teks berita berwawasan multikultural dengan penerapan metode Inkuiripada siswa kelas VIII A SMP PGRI Tumbrasanom. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII A SMP PGRI Tumbrasanom. Data berupa RPP, foto, hasiltes, catatan lapangan, daftar nilai, dan catatan hasil wawancara. Sumber data meliputi informan, tempat danproses pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Inkuiri mampu meningkatkan kualitas prosespembelajaran menulis teks berita berwawasan multikultural ditandai meningkatnya perhatian, keaktifanpembelajaran oleh siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Inkuiri dapatmeningkatkan kualitas hasil menulis teks berita berwawasan multikultural pada siswa kelas VIII A SMP PGRITumbrasanom. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan selama tiga siklus. Pada pratindakanjumlah siswa yang tuntas 7 siswa (32%). Pada siklus I siswa tuntas meningkat menjadi 10 siswa (45%). SiklusII ada 13 siswa (59%) yang sudah tuntas. Pada siklus III siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa (82%).Kata kunci: inkuiri, menulis teks berita, multikultural
Copyrights © 2015