Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 8, No 1 (2017): APRIL 2017

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning

Bella Mirdza Mutia Dewi (Universitas PGRI Semarang)
Nur Khoiri (Universitas PGRI Semarang)
Ummi Kaltsum (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

Telah dilakukan Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model project based learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada konsep Gravitasi menurut Newton. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri Babakan Lebaksiu Tegal tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA MA Negeri Babakan Lebaksiu Tegal. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan model project based learning sedangkan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas XI, dapat dilihat dari uji hipotesis satu pihak antara kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model project based learning dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,68 > 1,57 hal itu dapat disimpulkan Ha = diterima dan H0 = ditolak sehingga hasil nilai kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model project based learning pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yang tidak diterapkan model project based learning.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...