Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 8, No 1 (2017): APRIL 2017

Pengembangan LKS Gerak Harmonic Sederhana dengan Media Virtual Laboratory Berbasis Problem Based Instruction

Nusa Suindrata Aji (SMA Negeri 2 Bantul)
Widodo Widodo (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan efektivitas LKS yang menggunakan media virtual laboratory dengan model pembelajaran berbasis problem based instruction ditinjau dari aspek motivasi belajar siswa. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Validasi LKS dilakukan oleh dosen fisika UAD dan guru fisika SMA Negeri 2 Bantul mengggunakan instrumen lembar validasi. Kelayakan LKS yang dikembangkan dinilai berdasarkan hasil validasi. Asesment efektivitas LKS didasarkan pada respon siswa menggunakan angket motivasi ARCS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS sangat layak dan efektif dalam memotivasi belajar siswa. Produk penelitian berupa LKS dengan media virtual laboratory berbasis problem based instruction ini diharapkan dapat mengoptimalkan pemahaman materi fisika.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...