MAGISTRA
Vol 28, No 95 (2016): Magistra Maret

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA MELALUI “WHAT’S ANOTHER WAY?” PADA MATA KULIAH ILMU BILANGAN

Novianti, Dwi Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada mata kuliah Ilmu Bilangan pada mahasiswa Program Studi PendidikanMatematika IKIP PGRI Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalammeningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa melalui cara what’s Another Way pada mata kuliah IlmuBilangan. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa, kita harus menemukan cara untuk menyatukankesempatan – kesempatan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pembelajaranmatematika yang reguler. Salah satu cara khusus untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatifadalah dengan menjelaskan masalah sebalum menjawab, sehingga hasilnya kita refleksikan dengan cara yaitu: Apakah ada cara lain (what’s Another Way)? Data peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswadianalisis dengan membandingkan skor mahasiswa dengan KKM (75) dan peningkatan skor belajar selama 2siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan cara what’s another way dapat meningkatkan kemampuanberpikir kreatif mahasiswa pada matakuliah Ilmu Bilangan . Rata-rata kemampuan berpikir kreatif mahasiswaberdasarkan aspek kefasihan dan kebaruan di siklus I lebih besar 75, tetapi pada aspek fleksibilitas hanyamencapai 71,3; sehingga belum memenuhi indikator keberhasilan. Rata – rata tiap indikator kreativitas mahasiswapada siklus II lebih besar 75 sehingga memenuhi indikator keberhasilan. Secara keseluruhan mahasiswa mengalamipeningkatan kemampuan berpikir kreatif.Kata kunci: berpikir kreatif, what’s another way, ilmu bilangan

Copyrights © 2016