PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 6, No 2 (2017)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI ALAT PERMAINAN ROULATTE DI TK PERTIWI JRAGANAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Debby Sara Meyrina (Unknown)
Agung Prasetyo (Unknown)
Dwi Prasetiyawati D.H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2018

Abstract

ABSTRAKTujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pada anak kelompok B melalui alat permainan Roulette di TK Pertiwi Jraganan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I bulan Juli 2017 bertempat di TK Pertiwi Jraganan Kabupaten Pemalang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah sepuluh anak terdiri atas enam anak laki-laki dan empat anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan terhadap tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah kegiatan menulis, menunjukkan adanya peningkatan dalam kegiatan bermain Roulette terhadap kemampuan menulis pada anak Kelompok B TK Pertiwi Jraganan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan dengan dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan menulis pada anak, yaitu 20% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 60% sehingga mencapai hasil akhir sebesar 80% pada siklus II (indikator kinerja tercapai). Dapat disimpulkan bahwa “Bermain Roulette dapat meningkatkan Kemampuan menulis pada anak Kelompok B TK Pertiwi Jraganan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2017/2018. Saran yang hendak peneliti sampaikan, sebaiknya pendidik dapat menggunakan Alat Permainan Edukatif Roulette untuk meningkatkan kemampuan menulis pada anak. Sehingga target pembelajaran tercapai.    ABSTRACT               This research was conducted in the first semester of July 2017 located at TK Pertiwi Jraganan Pemalang Regency. The subjects of this study were B group of ten students consisting of six boys and four girls. The research procedure uses a classroom action research consisting of two cycles. Each cycle consists of four stages: 1) planning, 2) taking action, 3) making observations on the action, 4) reflecting the observation result of action, each cycle is held 3 times meeting. The data that have been collected in the research are analyzed by using qualitative descriptive analysis technique. Data in this research is obtained through observation sheet research instrument. Based on the results of analysis of research data after writing activities, showed an increase in Roulette play activities on writing skills in children Group B TK Pertiwi Jraganan Pemalang District Lesson Year 2017/2018. The study was conducted with two cycles obtained by the increase of writing ability in children, that is 20% in cycle I and increased by 60% so as to reach the final result of 80% in cycle II (performance indicators achieved). It can be concluded that "Playing Roulette can improve Writing Ability in Children Group B TK Pertiwi Jraganan Pemalang District Lesson Year 2017/2018. The suggestion the researcher would like to make is that educators can use the Roulette Educational Game Tool to improve their writing skills. So that the target of learning is achieved.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...