PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 6, No 1 (2017)

PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATHOK KELAPA SEBAGAI POTENSI LOKAL UNTUK KECERDASAN KINESTETIK ANAK PADA KELOMPOK B DI TK TUNAS RIMBA I SUMBAWA SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Arum sari (Unknown)
Purwadi . (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2017

Abstract

  Permainan tradisional sekarang ini sudah mulai tergusur oleh permainan-permainan modern yang mengandalkan alat dan teknologi. Permainan yang sebenarnya tidak membuat mereka aktif secara fisik. Mereka tidak mengenal atau bahkan belum pernah mendengar tentang permainan tradisional cublak-cublak suweng, egrang bathok kelapa, sluku-sluku bathok, dan sebagainya. Anak-anak sekarang sudah asing dengan permainan tradisional yang didasarkan atas semakin banyaknya permainan modern saat ini, seperti gadget yang menyediakan banyak game online dan sebenarnya permainan tradisional justru melatih seluruh aspek perkembangan anak. Permainan tradisional sebaiknya dikenalkan pada anak sejak dini karena permainan tradisional mengajarkan nilai-nilai luhur budaya bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik sebagai potensi lokal dalam permainan tradisional egrang bathok kelapa. Peneliti berharap dapat mengenalkan eksistensi permainan tradisional egrang bathok kelapa yang hampir punah untuk potensi kecerdasan kinestetik anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan anak TK B. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tehnik pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional egrang bathok kelapa dapat mengembangkan tujuh komponen kecerdasan kinestetik anak yaitu: kemampuan koordinasi tubuh, keseimbangan tubuh, keterampilan, kekuatan fisik, kelenturan tubuh, kecepatan dan ketangkasan gerak. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat mestimulasi perkembangan kecerdasan kinestetik anak dengan memperkenalkan permainan-permainan tradisional serta dapat menambah sarana dan prasarana, untuk dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Kata Kunci : Permainan tradisional egrang bathok kelapa, Kecerdasan kinestetik  Today’s traditional games are already being displaced by modern games that rely on tools and technology. The actual game does not make them physically active. They do not know or even have never heard of the traditional games cublak-cublak suweng, egrang bathok kelapa, sluku-sluku bathok, and so on. Children are now familiar with traditional games based on the increasing number of modern games today, such as gadgets that provide many online games and actually traditional games actually  train all aspects of child development. Traditional games should be introduced to children early because the traditional games teach the noble values of the nation’s culture. The purpose of this study was to develop kinesthetic intelligence as a local potency in the traditional game of egrang bathok kelapa. Researchers hope to intraduce the existence of a traditional game of egrang bathok kelapa leather that is almost extinct for the potential kinesthetic intelligence of children. Research method used is qualitative. The subjects of this study were principals, teachers ad children of kindergarten B. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. Data were analyzed by using the model of Miles and Huberman of data reduction, data presentation, and conclusion. Mechanical testing the validity of the data by triangulation. The result of the research shows that the traditional game of egrang bathok kelapa can develop seven component of kinesthetic intelligence : body coordination ability, body balance, skill, physical strength, flexibility, speed and agility of motion. Based on the result of this study suggestions that can be delivered is the teacher can stimulate the development of kinesthetic intelligence of children by introducing the traditional games and can add facilities and infrastructure, to be able to improve kinesthetic intelligence of children. Keywords: Traditional Game Egrang Bathok Kelapa, Kinesthetic Intelligence 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...