Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Vol 2, No 4 (2017): oktober 2017

Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Kimia Berbasis Makroskopik dan Simbolik pada Materi Hukum Dasar dan Perhitungan Kimia di Kelas X SMA Negeri 1 Indrapuri

Nurul Aulia (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah)
Latifah Hanum (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah)
. Mukhlis (Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2017

Abstract

AbstrakTelah dilakukan penelitian tentang analisis kemampuan penyelesaian soal kimia berbasis makroskopik dan simbolik pada materi hukum dasar dan perhitungan kimia di kelas X SMA Negeri 1 Indrapuri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Indrapuri dalam menyelesaikan soal berbasis makroskopik dan simbolik pada materi hukum dasar dan perhitungan kimia. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 24 siswa dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan yang diambil menggunakan teknik nonprobability sampling dengan tipe purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu soal tes multiple choice dan rubrik penilaian. Data diperoleh dengan cara menganalisis jawaban siswa dalam mengerjakan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata kemampuan makroskopik dan simbolik siswa secara berurutan sebesar 62,5% dan 50,0%. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan makroskopik siswa lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan simbolik, (2) kemampuan simbolik siswa masih rendah dalam hal konsep mol dan menyederhanakan soal, (3) Pemahaman makroskopik siswa lebih lama disimpan dalam memori dan siswa lebih mudah mengingat konsep makroskopik (4) pemahaman level simbolik siswa lebih baik jika sejalan dengan perhitungan matematis siswa. Kata Kunci :makroskopik, simbolik, hukum dasar dan perhitungan kimia  AbstractThe research has been done to analysis of macroscopic and symbolic based chemistry problems solving skill on basic law material and chemistry calculation in 10th grade class of SMAN 1 Indrapuri. This research is purposed to analyse the ability of 10th grader student of SMAN 1 Indrapuri. In solving macroscopic dan symbolic based chemistry and chemistry calculation problem. The kind of research used is a descriptive research wit qualitative approach. Subjects in this research of the class X science 1 with total 24 students, consisting of 8 male students and 16 female students which was taken using nonprobability sampling technique with purposive sampling type. The instrument which is used in this research are multiple choice question test and marking column. The data were obtained by analyzing student’s answer in  solving the test questions. The result of the research showed that the macroscopic and symbolic skill’s average percentage of the students are consecutively 62,5% and 50%. According to the result of the research, it was concluded that (1) student’s macroscopic skill are hiher than their symbolic skill, (2) student’s symbolic skills are still low in the concept of mole and in standardizing problem’s, (3) student’s macroscopic understanding took longer to be memorized and it’s easier for student’s to remember the macroscopic concept, (4) the symbolic level understanding of the student is better if it’s parallel with student’s mathematical calculation. Keywords: macroscopic, symbolic, basic law and chemistry calculation   

Copyrights © 2017