SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BACAAN SETELAH MEMBACA 250 KATA PER MENIT DENGAN METODE SQ3R SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 STABAT

Ermiati, Ermiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2016

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi bacaan dalam berbagai teks sastra dan nonsastra pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Stabat. Dengan tujuan meningkatkan kemampuan menyimpulkan bacaan setelah membaca 250 kata per menit dengan metode SQ3R. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode SQ3R. Dengan subjek penelitian siswa berjumlah 37 orang. Penelitian dilakukan dengan tindakan awal dan dilanjutkan 2 siklus. Aktivitas mengajar guru selama siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu rata-rata 46,0 dan siklus II rata-rata 81 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa.Kata kunci : Membaca, Menyimpulkan, Metode SQ3R 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

school

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal countains the result of education research, learning research, and service of the public at primary school, elementary school, senior high school and the ...