Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2017): Mei

PENERAPAN MEDIA KARTU KOSAKATA DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH

Ultari . Ningsih (Mahasiswa Angkatan 2011 Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini)
Yuhasriati . . (Dosen FKIP Unsyiah)
Dewi . Fitriani (Dosen)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2017

Abstract

 Media kartu kosakata dapat digunakan untuk mengembangkan bahasa anak.Masalah penelitian ini adalah bagaimana perkembangan bahasa anak usia dini dengan menggunakan media kartu kosakata di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia dini dengan menggunakan media kartu kosakata dan untuk mengetahui aktivitas anak selama proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu kosakata di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Penelitian tersebut dengan menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak-anak dilembaga TK FKIP Unsyiah Banda Aceh sebanyak 10 anak, terdiri dari 5  laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan teknik observasi dan unjuk kerja. Data yang terkumpulkan dianalisis dengan menggunakan tehnik kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kosakata berpengaruh positif dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak pada TK FKIP Unsyiah Banda Aceh. Pratindakan belum dijumpai anak yang kemampuan bahasanya berkembang sangat baik, pada siklus I belum dijumpai anak yang berada kemampuan bahasanya dengan baik, tetapi sudah ditemukan 5 anak berkembang sesuai harapan (BSH). Namun pada siklus II terdapat 6 orang anak yang berkembang sangat baik (BSB). Disimpulkan perkembangan bahasa anak usia dini dengan menggunakan media kartu kosakata di TK FKIP Unsyiah terjadi peningkatan pada siklus II jika di bandingkan dengan pra tindakan dan siklus I yaitu pada siklus II tingkat kemampuan bahasa anak yang berkembang sangat baik sebanyak 6 anak, berkembang sesuai harapan 3 anak, mulai berkembang 1 anak dan tidak ada lagi kemampuan anak yang belum berkembang.Aktivitas anak selama proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu kosakata pada TK FKIP Unsyiah terjadi peningkatan ditinjau berdasarkan dari indikator yang diamati. Kata kunci: Media Kartu Kosakata, Bahasa, Anak Usia Dini.

Copyrights © 2017