Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 4 (2017): November

PENINGKATAN DAYA IMAJINASI ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS MENGGAMBAR DI TK FKIP UNSYIAH DARUSSALAM BANDA ACEH

Aswita . Junianda (Mahasiswa Angkatan 2012 PG AUD FKIP UNSYIAH)
Amsal . Amri (Dosen FKIP UNSYIAH)
Fakhriah . . (Dosen FKIP UNSYIAH)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2018

Abstract

Aktivitas menggambar dapat meningkatkan daya imajinasi anak. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana peningkatan daya imajinasi anak usia dini melalui aktivitas menggambar di TK FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan daya imajinasi anak usia dini melalui aktivitas menggambar di TK FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus digunakan 4 tahapan dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun pada kelompok B3 TK FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh, berjumlah 10 orang anak terdiri atas 3 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada prasiklus sebanyak 7 orang anak belum berkembang (BB), 3 orang anak mulai berkembang (MB), belum ada anak yang berkembang sangat baik (BSB). Pada tindakan siklus I anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 3 orang anak, 4 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan 3 orang anak berkembang sangat baik (BSB). Pada tindakan siklus II mengalami perkembangan yang sangat baik dari tindakan sebelumnya. 1 orang anak mulai berkembang (MB), 1 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 8 orang anak berkembang sangat baik (BSB). Hasil akhir dari hasil karya anak dalam aktivitas menggambar terjadi perkembangan daya imajinasi anak usia dini mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui aktivitas menggambar dapat meningkatkan daya imajinasi anak usia dini.Kata Kunci: Daya Imajinasi, Aktivitas MenggambarAktivitas menggambar dapat meningkatkan daya imajinasi anak. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana peningkatan daya imajinasi anak usia dini melalui aktivitas menggambar di TK FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan daya imajinasi anak usia dini melalui aktivitas menggambar di TK FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus digunakan 4 tahapan dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun pada kelompok B3 TK FKIP Unsyiah Darussalam Banda Aceh, berjumlah 10 orang anak terdiri atas 3 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada prasiklus sebanyak 7 orang anak belum berkembang (BB), 3 orang anak mulai berkembang (MB), belum ada anak yang berkembang sangat baik (BSB). Pada tindakan siklus I anak yang mulai berkembang (MB) sebanyak 3 orang anak, 4 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan 3 orang anak berkembang sangat baik (BSB). Pada tindakan siklus II mengalami perkembangan yang sangat baik dari tindakan sebelumnya. 1 orang anak mulai berkembang (MB), 1 orang anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 8 orang anak berkembang sangat baik (BSB). Hasil akhir dari hasil karya anak dalam aktivitas menggambar terjadi perkembangan daya imajinasi anak usia dini mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui aktivitas menggambar dapat meningkatkan daya imajinasi anak usia dini. Kata Kunci: Daya Imajinasi, Aktivitas Menggambar

Copyrights © 2017