Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun dengan penerapan metode bercerita menggunakan boneka tangan di PAUD IT Hafizul Ilmi Blang Krueng. Keterampilan berbicara yang dimaksud dalam penelitian ini ialah kemampuan anak dalam mengucapkan kosakata dengan benar dan jelas serta terampil bercerita sesuai dengan alur cerita secara runtun.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak delapan orang anak usia 5-6 tahun pada jenjang TK B di PAUD IT Hafizul Ilmi Blang Krueng. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Mengembangkan keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun dengan menerapkan metode bercerita menggunakan boneka tangan di PAUD IT Hafizul Ilmi dilakukan dengan cara peneliti bercerita dengan posisi duduk anak membentuk lingkarandan peneliti berada diantara posisi duduk anak. Kegiatan yang dilakukan adalah tanya jawab tentang isi cerita dengan anak selama kegiatan bercerita. Anak diberi kesempatan untuk menceritakan kembali cerita yang sudah diceritakan baik menggunakan boneka tangan saja maupun dengan penambahan media yaitu panggung boneka.Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa tindakan mulai dari siklus I, dan siklus II dapat disimpulkan bahwa, Keterampilan berbicara anak kelompok B PAUD IT Hafizul Ilmi setelah dilakukan tindakan dalam 2 siklus menunjukkan perkembangan yang baik yaitu anak dapat mengucapkan kosakata dengan benar dan jelas serta sudah mampu menceritakan kembali cerita yang sudah diceritakan guru dan runtun tanpa bantuan guru.Kata Kunci : keterampilan berbicara, metode bercerita, boneka tangan, anak usia dini
Copyrights © 2017