Jurnal Jalan Jembatan
Vol 30 No 2 (2013)

EFEK REAKSI TEKAN GELEGAR BAJA KOMPOSIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKOMPRESI

Setiati, N. Retno - (Unknown)
Putra, Risma (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

ABSTRAK Metode prakompresi merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kapasitan dan daya layan jembatan komposit, yaitu dengan memberikan tegangan inisial pada pelat beton lantai jembatan atau gelagar baja. Jembatan jenis prakompresi merupakan hasil inovasi teknologi yang sudah pernah diterapkan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya lawan lendutan yang dihasilkan pada gelagar baja komposit akibat pemberian bangkitan reaksi tekan pada komponen struktur gelagar tersebut. Metode prakompresi diberikan pada gelagar baja sebelum dilakukan pengecoran lantai jembatan. Analisis didukung dengan membuat beban uji berupa balok baja profil IWF 400.300.9.16 bentang 16 m dengan berat 202118,2 N. berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa setelah gelagar diberi gaya prakompresi, lendutan yang terjadi akibat beban hidup lebih kecil dari lendutan sebelum prakompresi yaitu 0.0196 m < 0,058 m. jembatan dengan 16 meter standar dapat menjadi 20 meter prakompresi, sehingga terjadi kenaikan kapasitas struktur jembatan lebih besar 25%. Kata kunci : prakompresi, komposit, lendutan, tegangan, daya layan

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jurnaljembatan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan ...