Jurnal Mirai Management
Vol 3, No 1 (2018)

Pengaruh Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan dan Disiplin Kerja terhadap Kepuasan Pelanggan pada Kantor UPT Pendapatan Wilayah Makassar 01 Selatan, Provinsi Sulawesi Selatan

Hermawati, Hermawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kompetensi pegawai, kualitas layanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial dan simultan pada kantor UPT. Pendapatan Wilayah Makassar 1 Selatan Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor UPT.Pendapatan Wilayah Makassar I Selatan Provinsi Sulawesi Selatan, dimana jumlah responden yang digunakan sebanyak 100 orang dari pelanggan wajib pajak. Dalam penelitian ini penulis mengunakan metode regresi berganda dengan perangkat SPSS.21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara langsung kompetensi tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, secara langsung kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, secara langsung disiplin kerja tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan secara langsung kualitas sumberdaya manusia tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan kompetensi pegawai, kualitas layanan dan disiplin kerja  memiliki pengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci: Kompetensi Pegawai, Kualitas Layanan,Disiplin Kerja, Kepuasan Pelanggan. ABSTRACT This research aims to determine the effect of employee competence, service quality and work discipline on customer satisfaction both partially and simultaneously at UPT office. Revenue Makassar Area 1 South South Sulawesi Province. This research was conducted at UPT Office. Makassar Area I South Area South Sulawesi Province, where the number of respondents used as many as 100 people from taxpayer customers. In this study the authors use multiple regression method with SPSS.21 device. The results of this study show that directly competence has no influence on customer satisfaction, directly quality of service has a positif and significant influence on customer satisfaction, directly work discipline does not have influence to customer satisfaction, while test directly of human resource quality have not influence to customer satisfaction. Simultaneously employee competence, service quality and work discipline have influence and signifikan to customer satisfaction. Keywords: Employee Competence, Quality Of Service, Work Discipline, Customer Satisfaction.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...