PIONIR: Jurnal Pendidikan
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan

STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH AL- KITABAH PADA TINGKAT IBTIDAIYAH

Fajriah, Fajriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2018

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah adalah Bahasa Arab. Materi bahasa Arab terdiri dari beberapa keterampilan yaitu; maharah al-istima’, maharah al-kalam, maharah al-qira’ah, dan maharah al-kitabah. Keterampilan menulis (maharah al-kitabah) merupakan keterampilan tertinggi dari empat keterampilan berbahasa. Dilihat dari aspek kemahiran berbahasa Arab, menulis dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan yang sangat kompleks, sebab terletak pada tuntutan kemampuan untuk menata dan mengorganisasikan ide secara runtut dan logis, serta kemampuan dalam konteks menyajikan tulisan dalam ragam bahasa tulis dan kaidah penulisan yang berbeda-beda. Aktifitas menulis ini adalah hal yang sulit bagi anak-anak, karena membutuhkan beberapa keterampilan, yaitu kemahiran dalam membentuk huruf serta menguasai ejaan dan kemahiran melahirkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan berbahasa Arab. Oleh sebab itu pemilihan strategi yang tepat dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan dari pembelajaran maharah al-kitabah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Pionir

Publisher

Subject

Other

Description

PIONIR: Journal of Education is an open-access Education scientific journal managed by the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) Faculty of Tarbiyah and Teaching Ar-Raniry State Islamic University (UIN) Banda Aceh. PIONIR: Educational Journal is a forum for researchers and ...