Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Vol. 14 No. 3 (2018): JBMI

ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD HAJI MAKASSAR

Maat Pono (Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja sistem antrian yang saat ini digunakan oleh RSUD Haji Makassar. Berdasarkan hasil penelitian, model antrian yang saat ini diterapkan pada bagian registrasi pasien rawat jalan di RSUD Haji Makassar menunjukkan kinerja yang belum begitu baik pada loket pendaftaran, adapun model yang saat ini digunakan adalah sistem antrian model jalur tunggal atau Single Channel Query System (M/M/1). Berdasarkan hasil observasi dan perhitungan menggunakan rumus dari model (M/M/1) diketahui pasien lama membutuhkan waktu berada dalam antrian adalah selama 57,27 menit serta orang dalam antrian sebanyak 21 orang dan ini terjadi pada periode waktu 09.00-10.00 sampai 10.00-11.00. Untuk pasien baru membutuhkan waktu berada dalam antrian selama 50 menit dan jumlah orang dalam antrian sebanyak 5 orang dan ini terjadi pada periode waktu 09.00-10.00 sampai 11.00-12.00. Alternatif yang dapat menangani masalah pada loket pendaftaran adalah dengan merubah komposisi server dengan menggunakan Multiple Channel Query System (M/M/s) melalui model ini waktu yang dibutuhkan pasien lama didalam antrian menurun menjadi 0,8 menit, serta pasien lama dalam antrian yang awalnya 21 orang menjadi 1,24 orang, dengan alternatif ini kinerja sistem antrian dapat lebih optimal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jbmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, ...