Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis
Vol 3, No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, Bisnis dan Keuangan

STRATEGI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA BERBASIS SCIENTIFIC IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

-, Suparno - ( Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2017

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar ekonomi SMA secara Nasional turun dalam 3 tahun terakhir. Pada waktu yang sama indeks mata pelajaran ekonomi terendah dibandingkan yang lainnya dan nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) masih jauh dari yang ditargetkan. Kondisi tersebut membutuhkan strategi yang tepat sebagai optimalisasi pembelajaran. Kurikulum 2013 didesain untuk mengembangkan kompetensi seimbang dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui kreatifitas yang berpusat pada siswa melalui pendekatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Proses pembelajaran berbasis scientific tersebut harus tampak dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Strategi pembelajaran sebagai rangkaian kegiatan termasuk didalamnya metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran dilakukan melalui langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan fasilitas dan sumber belajar dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif.Dalam pembelajaran kurikulum 2013 guru dapat mengembangkan kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran sesuai karakteristik sekolah sehingga mampu mengoptimalkan hasil belajar. Pembelajaran berbasis saintific melaksanakan langkah langkah 5M yang dapat dipadukan dengan metode dan media guru dalam pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan dengan problem based learning, project based learning, serta discovery. Guru harus inovatif mengembangkan pembelajaran dengan melaksanakan setting kelas yang kondusif, melaksanakan 8 keterampilan dasar mengajar, sehingga lingkungan pembelajaran mendukung. Guru harus mampu menguasai strategi pembelajaran yang baik. Dari perencanaan hingga penilaian autentik dapat dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi. Setelah penetapan KKM dan memberikan remedial kompetensi, apabila kelas masih setengah lebih dibawah nilai ketuntasan maka guru harus mengulang pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Ekonomi, Scientific, Kurikulum 2013 ABSTRACT The results of the economic study by the National High School down in the last 3 years. At the same time the lowest index of economic subjects than others, and the value of Teacher Competency Test (UKG) is still far from the target. The condition requires the right strategy as the optimization of learning. 2013 curriculum is designed to develop competencies balanced in attitudes, knowledge, and creativity skills through a student-centered approach to observe, ask, try, reason, and communicate. The scientific-based learning process should be visible in the planning, implementation and evaluation.Learning strategy as a series of activities including the methods and the utilization of various resources / strengths in learning is done through the steps of learning, use of facilities and learning resources to support the achievement of learning objectives effectively.In 2013 the learning curriculum teachers can develop basic competencies and learning objectives according to the characteristics of the school so as to optimize the learning outcomes. Saintific based learning 5M implement steps that can be combined with the methods and media teachers in learning. Learning implemented with problem based learning, project based learning, and discovery. Teachers must develop innovative learning by implementing a conducive classroom setting, carry out eight basic skills teaching, so that the learning environment support. Teachers should be able to master a good learning strategy. From the planning to the authentic assessment can be carried out as a form of evaluation. After the establishment of KKM and provide remedial competence, if the class is still half more undervalued then the teacher must repeat mastery learning. Keywords: Learning Strategy of Economic, Scientific, Curriculum 2013

Copyrights © 2017