NOZZLE
Vol 5, No 1 (2016): Nozzle : Journal Mechanical Engineering

RANCANG BANGUN RANGKA TRAINER SISTEM KEMUDI TOYOTA AVANZA

Ahmad Faoji (Unknown)
Wawan Junaidi Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2018

Abstract

AbstrakUntuk meletakkan komponen-komponen sistem kemudi Toyota Avanza tahun 2010 dibutuhkan rangka yang kuat. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan rangka yang kuat dan mampu menahan beban yang bekerja saat pengoperasian trainer sistem kemudi Toyota Avanza. Pada dasarnya terdapat tiga kriteriutama dalam rancangan suatu rangka yaitu keamanan, kenyamanan, dan ekonomis. Penelitian ini menggunakan dongkrak hidraulik kapasitas 2 ton dengan asumsi sesuai beban yang bekerja pada kendaraan. Bahan yang digunakan pada rangka trainer sistem kemudi Toyota Avanza tahun 2010 adalah besi hollow 36 dan besi hollow 25 x 5.Hasil penelitian rangka trainer sistem kemudi Toyota Avanza tahun 2010 didapatkan tegangan tekan maksimum rangka utama sebesar 308,36 N/mm2, sedangkan tegangan tekan yang terjadi lebih kecil yaitu sebesar 85,306 N/mm2, tegangan lentur maksimum rangka utama sebesar 231,27 N/mm2, sedangkan tegangan lentur yang terjadi lebih kecil yaitu sebesar 127,96 N/mm2. Pada rangka landasan didapatkan tegangan tekan maksimum rangka landasan sebesar 327,16 N/mm2, sedangkan tegangan tekan yang terjadi lebih kecil yaitu sebesar 75,096 N/mm2, tegangan lentur maksimum rangka landasan sebesar 490,47 N/mm2, sedangkan tegangan lentur yang terjadi lebih kecil yaitu sebesar 103,4 N/mm2. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa rangka trainer sistem kemudi Toyota Avanza tahun 2010 aman. Kata kunci : kekuatan rangka, rangka trainer sistem kemudi, tegangan tekan, tegangan lentur.

Copyrights © 2016