Equilibrium
Vol 15, No 01 (2018): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi

TINGKAT RESILIENSI SISWA (Analisis Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Kecakapan Sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Resiliensi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi)

Agie Hanggara (Universitas Kuningan)
Ade Titih Amiati (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2018

Abstract

ABSTRAKPermasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya tingkat resiliensi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kuningan, Jawa Barat. Hal tersebut ditunjukan oleh perilaku mahasiswa yang tidak percaya dengan kemampuan diri sehingga memilih untuk mencontek saat mengerjakan tugas dan ujian. Aktivitas yang menjadi rutinitas mahasiswa adalah menyalin tugas temannya karena banyaknya tugas pada setiap matakuliah, terlebih ketika mahasiswa tidak menyiapkan tugas yang seharusnya di presentasikan mereka menunda tugasnya sampai pertemuan berikutnya atau bahkan tidak hadir pada pertemuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, kecakapan sosial dan kemandirian belajar terhadap tingkat resiliensi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Ekonomi sebanyak 108 dan keseluruhannya dijadikan sampel (total sampel). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan path analys (analisis jalur). Dari hasil penelitian, diketahui bahwa : Terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya terhadap kecakapan sosial mahasiswa; Terdapat pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya dan kecakapan sosial terhadap kemandirian belajar mahasiswa; Terdapat pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, kecakapan sosial dan kemandirian belajar terhadap resiliensi mahasiswa.Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, Kecakapan Sosial, Kemandirian Belajar, Resiliensi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Equilibrium

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli ...