JURNAL KONSELING GUSJIGANG
Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Konseling Gusjigang Juni 2016

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

-, Sumaji (Unknown)
Roysa, Mila (Unknown)
Fakhriyah, Fina (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based instruction dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Kudus. jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Data hasil tes dianalisis dengan uji anava satu jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, kemampuan berpikir kritis siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis yang diamati meliputi; kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis masalah, kemampuan memecahkan masalah, kemampuan menentukan solusi yang tepat dan menyimpulkan.

Copyrights © 2016