JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
Vol 2, No 1 (2016): Mei 2016

Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Malang

M.Si, M.Pd, Tuti Kusniarti, (Unknown)
Mujianto, Gigit (Unknown)
FKIP, Sudjalil (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2016

Abstract

ABSTRAKKurikulum 2013 menempatkan bahasa Indonesia sebagai penghela ilmu pengetahuan (Nuh, 2013:37). Peran bahasa Indonesia ini bukan sebuah kebetulan karena ini pun sudah dikibarkan pada waktu Kongres Bahasa Indonesia ke XIV di Jakarta. Penguatan bahasa Indonesia sebagai penghela Ilmu pengetahuan menunjukkan betapa pentingnya bahasa Indonesia dalam kedudukan dan perannya sebagai bahasa nasional untuk seluruh etnis yang ada di Indonesia.Pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah yang berbasis teks, proses berpikir yang sistematis dan terkontrol melalui kegiatan pengumpulan data, analisis, dan penyajian hasil analisis sangatlah penting dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta memunculkan proses kegiatan belajar mengajar yang lebih menekankan pada kegiatan siswa, kegiatan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan oleh guru baik secara individual maupun kelompok yang mengacu pada silabus.  Kata kunci : Pembelajaran Bahasa Indonesia, pendekatan saintifik, berbasis teks

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jinop

Publisher

Subject

Education

Description

JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the ...