JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
Vol 2, No 2 (2016): November 2016

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TOPIK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN DI MADRASAH TSANAWIYAH

Hidayati, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2016

Abstract

AbstrakPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran topik energi dalam sistem kehidupan model inkuiri terbimbing di MTs yang valid, praktis dan efektif.  Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Tessmer. Model Tessmer dilakukan dengan  tahapan yaitu tahapan self evaluation, expert reviews, one-one, small group, dan field test. Subjek uji penelitian  adalah subjek uji coba pakar yang berasal dari tim dosen yang sekurang-kurangnya mempunyai kualifikasi magister pendidikan. Subjek uji coba perorangan dilakukan dengan 6 siswa yang mempunyai kemampuan akademik yang berbeda, subjek uji coba kelompok kecil dilakukan pada siswa kelas VIIB dengan jumlah siswa 18 orang, subjek uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas VIIA yang berjumlah 40 orang. Seluruh data diperoleh dari instrumen pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran tergolong valid, praktis dan efektif. Dikatakan valid berdasarkan hasil validasi menunjukkan silabus, RPP, bahan ajar, LKS, media pembelajaran, dan instrumen penilaian termasuk kriteria sangat valid. Praktis karena hasil perorangan menunjukkan siswa mampu memahami bahan ajar dan LKS yang diberikan. Dikatakan efektif karena (1) hasil belajar kognitif produk dan kognitif proses telah tuntas, (2) kinerja siswa rata-rata kategori sangat  baik, (3) perilaku berkarakter siswa (disiplin dan tanggung jawab) kategori sangat baik, (4) keterampilan sosial siswa (bekerja sama dan menyumbang ide)  kategori sangat baik, (5) keterampilan berpikir kritis siswa pada saat melakukan kegiatan percobaan kategori sangat baik.Kata kunci:    penelitian pengembangan, high quality intervention, model Tessmer.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jinop

Publisher

Subject

Education

Description

JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the ...