PAEDAGOGIA
Vol 21, No 1 (2018): PAEDAGOGIA Jilid 21 Nomor 1 (2018)

PENGEMBANGAN MEDIA OTAK KATA TEMA PERTANIAN BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Titik Murdhiyaningsih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar-UPGRIS)
Fine Reffiane (PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Iin Purnamasari (PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung  menggunakan metode ceramah. Berdasarkan analisis kebutuhan pada tujuh sekolah  be­lum menyediakan media dan sangat membutuhkan media. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui validitas  Media Otak Kata (MEDOKA) dan, mengetahui kepraktisan penggunaan  Media Otak Kata (MEDOKA)   pada Tema Pertanian kelas III Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah Kelas III SD Negeri Ngablak 0l se­bagai kelas uji coba produk dengan jumlah siswa 30 menggunakan kelompok besar dan kelompok kecil, serta Kelas III SD Negeri Ngablak 02 sebagai kelas uji coba produk dengan jumlah siswa 17. Metode penelitian  yang digunakan adalah  Research and Development atau penelitian pengembangan  menggunakan   ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil analisis pada validasi ahli materi 86,7%, dua ahli media 98,3% , angket tanggapan SD Negeri Ngablak 01 88,46%, SD Negeri Ngablak 02 69,29%, angket guru SD Negeri Ngablak 01 86,6% dan SD Negeri Ngablak 02 69,23%. Menunjukkan MEDOKA valid dan praktis dalam tema pertanian materi energi. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan MEDOKA  praktis dan valid sebagai motivasi, minat, dan keefektifan belajar siswa SD Kelas III. MEDOKA digunakan untuk media pembelajaran yang baru. Kata Kunci: R&D; ADDIE;  MEDOKA, pertanian 

Copyrights © 2018