JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Kelen, Yoseph Pius Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2016

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan  kemampuan berpikir  kreatif  siswa  dalam  pembelajaran  matematika  dengan menggunakan  pendekatan  Problem  Posing.  Subjek  dalam  penelitian ini  adalah  36  siswa  kelas  VII  SMP  Negeri  Neonbat  Tahun  Ajaran 2014/2015.  Peneliti  menggunakan  data  primer  dan  teknik pengumpulan  datanya  yaitu  observasi  dan  tes.  Observasi  dilakukan pada  setiap  berlangsungnya  proses  pembelajaran,  sedangkan  tes dilakukan  pada  setiap  akhir  siklus  pembelajaran.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  persentase  kemampuan  berpikir  kreatif  siswa mengalami  peningkatan  sebesar  19.44%,  dimana  pada  siklus  I persentase  kemampuan  berpikir  kreatif  siswa  sebesar  63,89%  dan pada  siklus  II  meningkat  menjadi  83,33%.  Dengan  demikian  dapat ditarik  kesimpulan  bahwa Pendekatan  Problem  posing  dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and ...