Jurnal Agribisnis Terpadu
Vol 10, No 2 (2017): Jurnal Agribisnis Terpadu

PENGARUH P3TIP (PROGRAM PEMBERDAYAAN PETANI MELALUI TEKNOLOGI DAN INFORMASI PERTANIAN) TERHADAP PERILAKU PETANI (Studi Kasus Pada Petani Desa Panosogan dan Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal, Serang-Banten)

Sari, Ade Rachmah (Unknown)
Sumantri, Ari Tresna (Unknown)
Sulaeni, . (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2017

Abstract

P3TIP adalah Program Pemberdayaan Petani Melalui Teknologi dan Informasi. Program ini didanai oleh Bank Dunia dan relawan lainnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pertanian di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi P3TIP terhadap perilaku petani termasuk perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan petani dalam pembibitan benih padi. Penelitian ini dilakukan di Desa Panosogan dan Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Banten. Data dianalisis dengan tabulasi dan wilcoxon. Responden penelitian ini adalah 35 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan P3TIP (Padra Seed Farming) mampu memberdayakan petani di Kecamatan Cikeusal yang diwakili oleh Desa Panosogan dan Desa Sukaratu, Kabupaten Serang secara optimal, dengan beberapa perubahan, yaitu perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap dengan nilai sekitar 1,96 / - 1,96, untuk pengetahuan -5,093 / 5,093, keterampilan -5,170 / 5,170 dan sikap -5,177.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jat

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Agribisnis Terpadu (JAT) publishes articles directly sourced from research projects, research results/literature studies or case reports in the field of science related to agribusiness, agricultural economics, business and entrepreneurship, agricultural extension & communication and rural ...