AKSIOMA
Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MAHASISWA DENGAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR

Paridjo Muhammad (Universitas Pancasakti Tegal)
Budi Waluya (Universitas Negeri Semarang)
Rochmad Rochmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi dan aktivitas belajar mahasiswa mata kuliah aljabar dalam materi fungsi kuadrat dan aplikasinya. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan komunikasi matematis dalam pemecahan masalah fungsi kuadrat dan aplikasinya pada mata kuliah Aljabar. Subjek penelitian ini adalah  mahasiswa pendidikan matematika semester 1 sebanyak 58 orang yang berasal dari SMA jurusan IPA (SMA-IPA) berjumlah 35 orang, SMA Jurusan IPS (SMA-IPS) berjumlah 11 mahasiswa  dan SMK berbagai jurusan  berjumlah 11 orang yang, responden  dipilih melalui teknik random sampling  masing-masing 2 mahasiswa. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa kelompok SMA-IPA memiliki  kemampuan memecahkan masalah lebih baik dari kelompok SMA-IPS dan kelompok SMK. Kemampuan komunikasi matematika kelompok SMA-IPA lebih baik dari kemampuan komunikasi matematika kelompok SMA_IPS dan kelompok SMK. Kekurangan untuk kelompok SMA-IPS dan kelompok SMK menyelesaiakn dalam  masalah aljabar menggunakan rumus-rumus kalkulus. Kekurangan secara umum mahasiswa belum menuliskan jawaban akhir dalam menjawab pertanyaan soal. Untuk aktivitas belajar  dengan metode kooperatif model Group Investigation membuat aktivitas belajar mahasiswa baik sekali, namum mahasiswa dalam  keberanian berpendapat dan mengkomunikasikan hasil dengan kriteria baik Kata kunci: Komunikasi Matematika, Group Investigation, Aktivitas Belajar 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...