Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 6, No 2 (2015): SEPTEMBER 2015

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPAE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

Siti Nur Azizah (Pendidikan Fisika, FPMIPATI Universitas PGRI Semarang)
Joko Siswanto (Pendidikan Fisika, FPMIPATI Universitas PGRI Semarang)
Harto Nuroso (Pendidikan Fisika, FPMIPATI Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh model IPAE terhadap keterampilann berpikir analitis siswa pada pembelajaran IPA. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IPAE terhadap pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan tanggal 27 Maret s/d 17 April 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII G sebagai kelas eksperimen pada materi kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pre-eksperimental designs yaitu dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Sampel di ambil dengan teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan secara signifikan antara nilai pretest dan posttest pada keterampilan berpikir analitis dan pemahaman konsep.Data diperoleh dengan menggunakan uji-gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep diperoleh pretest= 24 dan posttest = 91,28. Sehingga pemahaman konsep diperoleh g= 0,88 (tinggi). Hasil nilai rata-rata keterampilan berpikir analitis pada pretest= 15 dan posttest= 61. Sehingga keterampilan berpikir analitis diperoleh nilai g= 0,55 (sedang).Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IPAE berpengaruh terhadap keterampilan berpikir analitis dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat model pembelajaran IPAE terhadap keterampilan berpikir analitis dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...