Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran
Vol 9, No 2 (2017): Juli 2017

PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 4 BLITAR

Malahayati, Eva Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Creative Problem Solving (CPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah  Quasi Eksperimen dengan melibatkan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Jumlah sampel masing-masing kelas 37 siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Blitar pada bulan Juni-September tahun 2016. Teknik pengambilan data dalam bentuk pretes-postes, dan selanjutnya data dianalisis menggunakan Anacova. Hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh LKS berbasis CPS terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa secara berturut-turut sebesar 0,54 dan 0,10. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKS berbasis CPS pada materi keanekaragaman hayati memiliki pengaruh yang lebih baik daripada penggunaan media buku paket dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis CPS berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education

Description

KONSTRUKTIVISME: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (p-ISSN: 1979-9438; e-ISSN: 2445-2355) yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Balitar (UNISBA) Blitar telah terindeks di: Moraref, OCLC Worldcat, Indonesia OneSearch, Google ...