Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih dilakukan di dalam kelas saja, mahasiswa merasa terkungkung dalam ruangan kelas demi mancapai tujuan pembelajaran, padahal proses pembelajaran diharapkan menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk  mengembangkan kompetensi  agar menjelajahi  dan  memahami  alam  sekitar secara ilmiah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis  penggunaan  LKM  Berbasis  Masalah pada Outdoor Activities terhadap Multiple Intelligences Mahasiswa. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh mahasiswa tingkat 1 biologi FKIP UNIKU tahun ajaran 2016-2017 sebanyak 115 mahasiswa. Sedangkan sampel yang diambil secara purposive sampling adalah 1 kelas ekperimen berjumlah 28 mahasiswa. Adapun metode yang digunakan adalah weak experimental atau eksperimen lemah dengan desain penelitian The One-Group Pretest-Posttest Design. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t, diperoleh hasil  0,000 lebih kecil dari 0,05.  Dengan demikian H1 diterima, artinya terdapat peningkatan   Multiple Intelligences mahasiswa melalui penggunaan LKM berbasis masalah pada Outdoor Activities.Kata Kunci : LKM Berbasis Masalah, Outdoor Activities, Multiple Intelligences
Copyrights © 2018