JURNAL ILMU EKONOMI & SOSIAL
Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA RESTORAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QSPM (QUANTITATIF STRATEGIC PLANNING) DI RESTORAN LA PIZZA MAKASSAR

Adrianus Aprilius (Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Musamus)
Maat Pono (Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar)
Abd Razak Munir (Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2018

Abstract

Strategi penting dalam pelaku bisnis karena merupakan bagian dari kegiatan yang dirancang dalam menjalankan aktivitas kegiatan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan restoran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis faktor internal dan faktor eksternal yang dilakukan pada Restoran La Pizza diperoleh beberapa hal yang paling mempengaruhi usaha restoran. Dari faktor internal, kekuatan utama yang dimiliki restoran adalah cita rasa dan kualitas yang baik khas italian pizza sedangkan kelemahan utama dari restoran adalah harga yang relative mahal. Untuk faktor eksternal yang menjadi peluang utama bagi restoran adalah meningkatnya pendapatan dan daya beli masyarakat serta ancaman terbesar bagi restoran tingkat persaingan antar industri restoran tinggi. Strategi yang tepat digunakan pada posisi ini adalah strategi intensif (penetrasi pasar,pengembangan produk). Hasil analisis matriks SWOT didapatkan lima alternative strategi, yaitu : (1) Pengembangan produk pizza dengan cita rasa local, (2) Membuat menu makanan dan minuman yang bervariasi, (3) Penetrasi Pasar dengan promosi menggunakan social media, (4) Membentuk Tenaga Pemasaran dan membuat sertifikat halal dari MUI dan BPOM, (5) Memberikan diskon dan potongan harga yang menarik. Berdasarkan analisis QSPM, alternative strategi yang tepat dan dapat dilakukan oleh pihak Restoran La Pizza secara berurutan adalah (1) Membuat menu makanan dan minuman yang bervariasi (STAS : 9,37 ) , (2) Pengembangan produk pizza dengan cita rasa local (STAS : 7,94), (3) membentuk tenaga pemasaran dan membuat sertifikat halal dari MUI dan BPOM (STAS : 5,16), (4) penetrasi pasar dengan promosi menggunakan social media (STAS : 5,10) (5) memberikan diskon dan potongan harga yang menarik (STAS : 4,92 ).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EKOSOS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Imu Ekonomi & Sosial (p-ISSN: 2085-8779; e-ISSN: 2354-7723 diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Musamus Mersauke. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun setiap bulan April dan Oktober yang memuat artikel ilmiah hasil pemikiran kritis atau hasil penelitian dalam bidang ilmu ...